Bangkalan-Kelas menulis FLP Bangkalan kembali digalakkan. Terhitung sejak Selasa (6/9) para anggota lama maupun baru berkumpul duduk lesehan di Taman Kampus UTM. Pertemuan pertama tesebut mengundang Rini Hardiyantini sebagai pemateri.

Pemateri fresh graduated dari Sastra Inggris UTM ini memang sudah tidak diragukan lagi keahlian dalam memintal benang kata-kata. Diksi dalam puisi ia ajarkan di kelas ini. Kemudian bagaimana tarian kata bervariasi memberikan makna.

“Dalam puisi kita mengenal simile. Sebuah pengandaian yang biasanya menggunakan layaknya, seperti, ” begitu kira-kira pemaparan sarjana berpredikat cumlaude tersebut.

Di akhir materi, Rini mengajak semua peserta yang berjumlah 8 orang untuk menuliskan satu puisi. Bahkan, Ani Marlia ketua FLP Bangkalan yang menjadi moderator hari itu juga turut serta.

Para peserta diberi waktu 15 menit untuk merangkai imajinasi mereka. Tema yang diberikan pun bebas. Jadi tak heran jika kemudian 8 puisi berhasil dikumpulkan tepat moderator mengumumkan habisnya waktu.

Dari 8 puisi yang terkumpul, pemateri mengambil satu yang terbaik. Ada hadiah yang menanti, namun reward tersebut akan diberikan di pekan berikutnya. Kelas selanjutnya tentang cerpen yang akan diisi oleh Yogi Gunawan.